“Bagaikan Bejana”, Refleksi Yeremia 18 : 1-17 oleh: Irma Tersia Mesen

Irma Tersia Mesen – Komisariat Rabi GMKI-Kupang

Penulis: Irma Tersia Mesen (Komisariat Rabi)

Firman: Yeremia 18 : 1-17

“Apabila bejana, yang sedang dibuatnya dari tanah liat di tangannya itu, rusak, maka tukang periuk itu mengerjakannya kembali menjadi bejana lain menurut apa yang baik pada pemandangannya”. (Yeremia 18 : 4)

Seorang seniman tidak akan berhenti  berusaha sebelum menghasilkan karya yang indah, demikian pula dengan Allah. Allah tidak akan menyerah terhadap ketidaksetiaan kita.

Firman ini diawali dengan tindakan simbolis dimana Allah memerintahkan nabi Yeremia untuk belajar dari dari si tukang periuk yang sedang kerja pelarikan (ayat 1-3)

Firman Tuhan mengatakan bahwa hidup kita seperti tanah liat di tangan tukang periuk yang awalnya tidak ada arti sama sekali. Namun ketika tukang periuk mengambil kita dari kehidupan yang tidak berarti itu, Ia mulai membentuk kita seturut Kehendak-Nya dan akhirnya kita menjadi berharga.

Proses Tuhan itu tidak mudah, mudah bagi kita untuk mengatakan bahwa kita adalah bejana yang siap dibentuk tapi realitanya tidak semudah yang kita pikirkan.

Kita harus melewati proses yang panjang, melewati tahap demi tahap sama seperti sebuah bejana. Kadang kita merasa sakit hati, marah dan kecewa tapi itulah proses. kita harus rela memberi diri(taat) untuk diproses/dibentuk Tuhan, karna Tuhan tau persis bagaimana kehidupan kita kelak.

Tuhan menghancurkan kehidupan lama kita bukan untuk menghancurkan kita tetapi Ia menghancurkan kita dan Ia mulai memperbaiki/ mempersiapkan kita menjadi lebih baik lagi, menjadi alat yang berguna bagi kemuliaan-Nya.

Hidup butuh proses dan proses butuh waktu bahkan harga yang harus dibayar. tetapi jika kita menjalani proses dengan penuh ketaatan, ketahuilah proses yang kita lalui tidak pernah mengkhianati hasil yang kita peroleh.

Syalom dan Selamat beraktivitas, Tuhan Yesus sang kepala Gerakan memberkati kita senantiasa. Amin “UOUS”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top